Kabupaten Kupang Akan Segera Miliki Pabrik Rumput Laut

Kabupaten Kupang Akan Segera Miliki Pabrik Rumput Laut

Tribratanewskupang.com,---Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur akan segera miliki pabrik pengolahan Rumput Laut yang saat ini sedang dimulai pembangunannya.

Hal ini ditandai dengan adanya seremoni peletakan batu pertama pada hari Jumat (25/8) pagi yang dilaksanakan di RT 01 RW 1 Desa Oematnunu Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang yang dihadiri Bupati Kupang Drs Korinus Masneno bersama Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H,  perwakilan Pemprov NTT, Direktur PT. Sutraco Bumi Persada Revie Christianto Gazali bersama staf dan karyawan.

Pembangunan pabrik rumput laut pertama di NTT ini dikelola oleh PT. Sutraco Bumi Persada.

Dengan dibangunnya pabrik ini diharapkan bisa mengelola hasil rumput laut masyarakat Kabupaten Kupang dan sekitarnya yang selama ini selalu dikirim keluar daerah maupun dikelola secara tradisional.

Apresiasi yang tinggi diberikan Kapolres Kupang atas dimulainya pembangunan pabrik ini dan harapnya pembangunan pabrik ini nantinya bisa menyerap tenaga kerja demi meningkatkan perbaikan ekonomi di Propinsi NTT khususnya Kabupaten Kupang. 

" Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas dimulainya pembangunan pabrik ini, kiranya bisa menyerap banyak tenaga kerja demi perbaikan ekonomi di NTT khususnya di Kabupaten Kupang, " harapnya.

Bupati Masneno dan  Bupati Sikka  Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si yang hadir dalam prosesi ini memberikan harapan yang sama untuk kemajuan NTT kedapannya serta meningkatkan taraf hidup petani rumput laut yang selama ini tidak memiliki sasaran yang tepat dari usaha rumut lautnya.

Patut diacungi jempol pembangunan pabrik ini dilaksanakan di NTT (Kabupaten Kupang), pasalnya setiap tahun petani rumput laut di NTT sanggup menghasilkan 1.392.539 ton (BPS NTT 2021) dan Kabupaten Kupang sendiri memberikan penghasilan sebanyak 1.166.897 ton dengan predikat kabupaten tertinggi di NTT yang menghasilkan rumput laut. 

Turut hadir Ketua Asosiasi Rumput Laut Indonesia M. Aziz Safari, Camat Kupang Barat Yusak A. Ulin, S.Sos, Camat Nekamese Josua Alexi Bora'a, Kapolsek Kupang Barat Ipda Indra Kurniawan, S.Tr.K dan para kepala desa Oematnunu Yulianus Laitoto, Kepala Desa Bone Yoksan Laiputa, para Petani Rumput Laut, masyarakat Desa Oematnunu dan dari Desa Bone.

Seremoni peletakan batu pertama pembangunan pabrik ini berlangsung meriah dengan diringi tarian adat dan ibadah Syukur di lokasi pembangunan pabrik yang letaknya tak jauh dari bibir pantai Selat Semau.#