Perdana, Kebijakan Kapolri Bagi Personil Tamtama Di Seluruh Indonesia, Siap-Siap Ikut Sekolah Perwira !

Perdana, Kebijakan Kapolri Bagi Personil Tamtama Di Seluruh Indonesia, Siap-Siap Ikut Sekolah Perwira !
dok : Capt. List Pendafataran Tamtama Polri

tribratanewskupang.com,---Rasa haru biru membahana dalam diri ribuan Personil Polri lulusan Pendidikan Tamtama diseluruh Nusantara disaat Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si menerbitkan Surat Keputusan nomor : Kep/1031/VIII/2023 tanggal 1 Agustus 2023 tentang Seleksi Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari Bintara ke Perwira Polri tahun Anggaran 2023 melalui pengumuman nomor : Peng/18/VIII/DIK.2.2/2023 tentang Penyelenggaraan Seleksi Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari Bintara ke Perwira Polri tahun Anggaran 2023 tanggal 2 Agustus 2023.

Betapa tidak, kebijakan ini merupakan kebijakan perdana yang dikeluarkan Kapolri sejak Polri berdiri. Kebijakan kali ini menempatkan dua kategori sumber penerimaan seleksi yaitu dari pendidikan Tamtama dengan pangkat Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) 3 tahun dan dari pendidikan Bintara dengan pangkat Aiptu, lain dari biasanya yang hanya mensyaratkan pangkat terakhir yaitu Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) berusia 46 tahun keatas tanpa mensyaratkan asal pendidikannya.

Seperti yang diketahui bahwa personil Polri yang mengikuti SAG adalah personil Polri yang bersumber dari pendidikan Tamtama dan Bintara Polri yang tidak atau pernah mengikuti seleksi Sekolah Inspektur Polisi namun belum lulus. 

Yang menjadi istimewa dari kebijakan ini adalah adanya persyaratan sumber pendidikan dan kepangkatan dari personil tersebut yang mana kalau tetap mengacu pada aturan lama, personil Polri yang bersumber dari pendidikan Tamtama (Semata/Dikmata) bisa mengikuti SAG diusia 53 tahun keatas (kalau saat ini berpangkat Bripka) karena masih menunggu 6 hingga 7 tahun berpangkat Aiptu sedangkan masa usia pensiun tersisa 4-5 tahun.

Kebijakan baru ini menjadi buah bibir seluruh personil yang pernah mengenyam pendidikan Tamtama Polri diseluruh kesatuan, termasuk calon Tamtama Polri yang saat ini sedang menjalankan pendidikan di pusdik dan SPN-SPN seluruh Indonesia, dan mengharapkan kebijakan Kapolri Jenderal Sigit tetap diberlakukan ditahun-tahun mendatang. 

" Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si atas kebijakannya tahun ini, kami boleh berbangga dan kami seperti disuport untuk tetap semangat menjalankan tugas ini, " tutur Bripka Dani Rukmana personil Polres  Kota Bandung selaku Ketua Umum Talinusa Indonesia.

Dari Kabupaten Nduga-|Propinsi Papua Pegunungan, Bripka Muhammad Ridwan yang tergabung dalam Satgas Operasi Cartenz mengucapkan hal yang sama, dan harapnya Kapolri diberi Kemurahan dalam menjalankan tugas serta perlindungan dari Allah SWT.

" Terimakasih  Jenderal, kami yang bertugas didaerah Operasi terpacu dengan kebijakan yang jenderal keluarkan, semoga Allah SWT memberkati dan selalu aman dalam lindungan-Nya, " harap Bripka Ridwan mewakili seluruh personil yang sedang bertugas di daerah operasi. #Ss