Polres Kupang Akan Gelar Operasi Keselamatan Turangga 2024, Simak Jadwal dan Sasarannya

Polres Kupang Akan Gelar Operasi Keselamatan Turangga 2024, Simak Jadwal dan Sasarannya

tribratanewskupang.com,---Dalam rangka cipta kondisi Keamanan,  Keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 Kepolisian Resor Kupang melalui Satuan Lalu Lintas Polres Kupang akan menggelar Operasi Keselamatan Turangga 2024 yang akan dilaksanakan selama 14 hari diwilayah hukum Polres Kupang.

Demi mempersiapkan operasi tersebut, hari ini (Jumat 1/3) bertempat di Aula Satlantas Polres Kupang, telah berlangsung latihan pra operasi (latpraops) yang dipimpin langsung Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H.

Turut hadir Kabagops Polres Kupang AKP Made Kumara, Kasatlantas Polres Kupang Iptu Arini Eklesia Behi, S.H, KBO Satuan Intelkan Polres Kupang Ipda Budi Santoso, Kasiwas Polres Kupang Iptu Yudha Irianto, Pasi Ops Kodim 1604 Kupang, Perwakilan Jasa Raharja Kabupaten KUpang, Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang, BPJN NTT, Dinas Kesehatan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kupang serta personil Satuan Lalu Lintas Polres Kupang.

Saat membuka kegiatan AKBP Agung menyampaikan bahwa pelaksanaan Latpraops ini adalah sebagai bentuk kesiapan personel sebelum pelaksanaan operasi agar para peserta mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga dalam pelaksanaan operasi nantinya dapat berjalan dengan lancar sesuai yang telah direncanakan.

“Latpraops ini sebagai gambaran dalam mempersiapkan berbagai langkah persiapan pada Ops Keselamatan Turangga 2024 yang akan digelar.” ujarnya.

AKBP Agung juga menerima saran dan masukan para stakeholder yang hadir, sebagai bahan pertimbangan lain yang akan diterapkan selama operasi berlangsung.

Selain itu, Kapolres Agung juga mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Keselamatan 2024 agar selalu mengutamakan keselamatan diri saat melaksanakan tugas.

Sementara itu, Kabagops Polres Kupang AKP Made Kumara dalam paparannya menyampaikan bahwa operasi keselamatan Turangga 2024 dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 4 sampai 17 Maret 2024.

“Tujuan dari pelaksanaan operasi keselamatan Turangga 2024 untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas guna menurunkan angka rasio fatalitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, " jelas AKP Made.

Adapun tema yang diusung dalam latpraops kali ini adalah “Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju” dengan sub tema 'Melalui Latihan pra Operasi Keselamatan Turangga 2024 Kita Tingkatkan Kemampuan Satgasops Preventif, Gakkum, dan Bantuan Dalam Rangka Cipta Kondisi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H Diwilayah Hukum Polres Kupang', dengan tujuan Meningkatkan disiplin masyarakat dalam berkendara, menurunkan angka tingkat kecelakaan, meningkatkan kesadaran dan kelengkapan kendaraan pribadi atau umum yang dipakai untuk mudik, Serta pergelaran anggota polantas didaerah-daerah rawan lainnya.

Operasi yang berlangsung selama 14 hari ini  dilaksanakan dengan  memapping lokasi/tempat yang rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan, melaksanakan pembinaan penyuluhan kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas berupa giat sosialisasi, penyuluhan dan patroli serta pengaturan pada lokasi rawan macet, laka dan pelanggaran latu lintas.

Hingga acara selesai kegiatan berlangsung aman dan lancar.#Ss