Antisipasi Euforia Berlebihan di Akhir Tahun, Polres Kupang Berlakukan Penutupan Jalur Timor Raya

Antisipasi Euforia Berlebihan di Akhir Tahun, Polres Kupang Berlakukan Penutupan Jalur Timor Raya
Ilustrasi : suaradewata.com

tribratanewskupang.com,---Merayakan datangnya tahun baru Masehi 2024, seperti biasanya masyarakat akan melakukan berbagai aktifitas mulai dari doa, piknik, hingga berkumpul dengan keluarga atau orang-orang terdekat. Tak hanya itu, ada sebagian masyarakat yang merayakan tahun baru dengan melakukan kegiatan lain seperti bermain kembang api atau petasan serta berpawai di jalan raya menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H memberlakukan penutupan jalur Timor Raya yang rencananya dilaksanakan pada malam tahun baru Minggu (31/12). Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya euforia berlebihan yang dilakukan masyarakat khususnya Kabupaten Kupang.

" Rencananya kami akan melakukan penutupan ruas jalan Timor Raya secara bersyarat artinya tidak semua pengguna jalan yang melintas dilarang lewat, " terangnya.

" Yang kami hentikan adalah masyarakat yang akan melakukan euforia dijalan Timor Raya baik diwilayah Kabupaten Kupang maupun yang akan menuju Kota Kupang, " tambahnya.

Euforia yang dimaksudkan AKBP Agung adalah pesta jalanan, trek-trekan kendaraan bermotor, pawai serta berbagai bentuk aski lainnya yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Masih menurut Kapolres Agung dampak yang dirasakan dari aksi-aksi serupa pada tahun-tahun sebelumnya telah menimbulkan korban jiwa maupun materi, sehingga dengan adanya kebijakan ini bisa meminimalisir kejadian serupa.

Keputusan ini merupakan hasil analisa dan evaluasi Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang berlangsung di Lobi Lapangan Tembah Stefanus Pekuwali Polres Kupang, Jumat (29/12) siang yang dihadiri oleh Kapolres Kupang, Wakapolres Kupang Kompol Yulianus Lau serta seluruh PJU dan Perwira Polres Kupang.

Adapun lokasi jalan Timor Raya yang akan ditutup adalah wilayah Kupang Timur dan Kupang Tengah.