Berkat Kerja Keras Polri, TNI dan Tim Medis sadarkan masyarakat patuhi protokol kesehatan covid-19

Berkat Kerja Keras Polri, TNI dan Tim Medis sadarkan masyarakat patuhi protokol kesehatan covid-19

TRIBRATANEWSKUPANG  ---  Tiga sahabat dari El Asamau, setelah menjalani rapid test kedua negatif dan dinyatakan negatif covid-19.  Ketiganya berdomisili di Kabupaten Kupang dan sempat kontak fisik dengan Asamau sebelum diumumkan sebagai pasien Positif corona.

El Asamau merupakan pasien positif pertama di NTT yang saat ini sudah dinyatakan sembuh oleh gugus tugas covid 19 Propinsi NTT,pasca perawatan intensif di RSUD W. Z yohanes Kota Kupang.

Juru bicara gugus tugas covid 19 kabupaten Kupang,Thom Sonbai kepada media ini Sabtu, 25 April 2020 menyatakan ketiganya merupakan orang Tanpa Gejala atau OTG yang saat ini sudah dinyatakan bebas corona.

“Iya, tiga orang OTG hasil rapid tes kedua negatif maka ketiganya dinyatakan negatif covid-19  ″katanya.

 

Pasien Dalam Pengawasan atau PDP ada 3 orang, 2 orang sudah sembuh sisa 1 PDP. Sedangkan total Orang Tanpa Gejala atau OTG ada 9 orang,rapid tes kedua 3 sahabat Asamau dinyatakan bebas covid,tersisa 6 orang diantaranya 2 orang sopir travel pengantar mahasiswa positif covid dari Timor Leste,dan 4 lainnya berasal dari zona merah.

6 OTG yang tersisa sudah jalani rapid test pertama hasilnya negatif.Sehingga menunggu 10 hari lagi pasca isolasi untuk lakukan rapid test  kedua.

Diakuinya,info terbaru yang disampaikan berdasarkan data riil yang dikirim tim medis dari Puskesmas di 24 Kecamatan ke Gugus Tugas akan terus disampaikan terbuka kepada warga melalui media.

“Ini semua atas kerja bersama antara tim medis,aparat Kepolisian dan TNI dalam menyadarkan warga untuk patuhi protokoler yang sudah diberikan. Kita berharap semakin turun pasien terindikasi corona di Kabupaten Kupang,” jelasnya.

Guna memutus rantai penyebaran virus corona Pemkab Kupang menghimbau warga masyarakat  selalu ikuti anjuran pemerintah untuk selalu di rumah, biasakan mencuci  tangan pakai sabun, selalu jaga kebersihan diri, makan teratur serta gunakan  pakaian yang bersih.

“Jangan lupa jaga kebersihan  lingkungan rumah luar dan dalam,Kenakan masker jika keluar rumah, makan makanan  bergizi berupa telur, minum susu, makan buah- buahan, konsumsi ikan, istirahat yang cukup  serta olahraga untuk perkuat Imun tubuh,” ujar Thom.

Khusus buat pendatang baru dari zona merah, Thom meminta kepala desa maupun lurah untuk mendata dan melaporkan segera ke petugas puskesmas bilamana terkena sakit agar diambil langkah penanganan segera guna mendapatkan status kesehatannya.(k)