Masuki Masa Kampanye, Polres Kupang Gelar Apel Kesiapan OMB Turangga 2023-2024

Masuki Masa Kampanye, Polres Kupang Gelar Apel Kesiapan OMB Turangga 2023-2024

tribratanewskupang.com,---Memasuki masa kampanye Pemilu 2024, Kepolisian Resor Kupang menggelar Apel Kesiapan Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 dalam rangka pelaksanaan pengamanan Pemilu Serentak 2024 tahap Kampanye diwilayah hukum Polres Kupang, bertempat di Lapangan Apel Polres Kupang, Senin (27/11) pagi.

Mewakili Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H, Wakapolres Kompol Yulianus Lau dalam amanatnya menekankan perlunya  kesiapan anggota Polri khususnya Polres Kupang dalam tahapan Kampanye ini mengingat Pemilu merupakan tonggak demokrasi yang memerlukan kesiapan dan kerjasama semua pihak agar proses berjalan lancar, aman dan damai.

" Dalam menghadapi pemilu 2024, kita sadari betapa pentingnya peran dan tanggungjawab kita sebagai aparat keamanan, Pemilu adalah tonggak demokrasi yang memerlukan kesiapan dan kerjasama semua pihak aaagar proses berjalan lancar, aman dan damai, " tuturnya.

Lebih lanjut Kompol Yulianus menegaskan adanya larangan-larangan yang wajib dijalankan setiap anggota Polres Kupang selama perhelatan Pemilu 2024 adalah netralitas politik, larangan intervensi dalam proses pemilu, larangan terlibat kampanye politik, larangan menerima suap atau gratifikasi, larangan penyalahgunaan wewenang dan larangan  bertindak reepresif tanpa justifikasi.

Larangan-larangan yang disampaikan Kapolres Kupang melalui Wakapolres ini, bila dilanggar akan berinsikasi pada potensi konflik dan ketegangan politik.

Ia pun mengajak seluruh peserta apel yang terdiri para Pejabat utama Polres Kupang,  para Perwira dan bintara Polres dan ASN Polres Kupang untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan instansi terkait seperti KPUD dan Bawaslu, rutin memberikan himbauan kamtibmas, penegakan hukum yang tegas pada setiap pelanggaran pemilu hingga pengamanan jalannya kampanye baik yang dilakukan secara terbuka maupun tertutup.

Bertindak sebagai komandan  upacaara dalam apel tersebut  adalah Kaurbinops Binmas Polres Kupang Ipda Ferentinus Natu.

Diakhir acara, dilakukan pula seremoni penyerahan laptop bagi 13 Polsek jajaran guna menunjang tugas pelayanan sehari-hari, yang diserahkan langsung oleh Wakapolres Kupang.#Ss