Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94, Polres Kupang Gelar Upacara dengan Penuh Khidmat

Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94, Polres Kupang Gelar Upacara dengan Penuh Khidmat
Wakapolres Kupang Kompol Andri Setiawan, S.H, S.I.K saat memimpin Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Polres Kupang

tribranewskupang.com, ---Hari Sumpah Pemuda begitu terasa ditengah keberagaman saat ini. Bangsa Indonesia yang terdiri dari bermacam-macam suku, ras dan  bahasa serta kultur tanpa adanya ikrar pemuda yang dikenal dengan istilah Sumpah Pemuda pada tahun 1928  bangsa yang namanya Indonesia pasti tak ada diantara bangsa-bangsa yang mendiami bumi ini.

Wujud dari kepedulian inilah Polres Kupang menggelar upacara dengan Khidmat dengan Inspektur Upacara Wakapolres Kupang Kompol Andri Setiawan, S.H, S.I.K  dan Komadan Upacara Kasat Samapta AKP Ivans Drajat, S.I.K diikuti oleh seluruh personil Polres Kupang dan mengusung tema, "Bersatu Bangun Bangsa."

Dalam amanatnya Wakapolres Kupang membacakan kembali Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga yang berisikan tema Sumpah Pemuda dan harapan serta  upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Dalam amanatnya pun dijelaskan bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 telah memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah "Bersatu Bangun Bangsa" memberi pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

Diakhir amanatnya Kompol Andri mengajak seluruh peserta apel untuk terus membagun bangsa yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur dengan meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa menjauhi perbedaan.

Kapolres Kupang AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K, M.H membenarkan adanya kegiatan Upacara tersebut guna mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa yang dengan gigih mempertahankan persatuan dan kesatuan demi negara Indonesia serta menumbuhkan kesadaran bagi generasi bangsa untuk terus membangun bangsa dengan kemampuan yang dimiliki.

" Kami laksanakan Upacara ini demi mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa serta menumbuhkan kesadaran bagi generasi bangsa untuk membangun bangsa ini dengan kemampuannya," terangnya.  

Turut hadir dalam upacara ini adalah para pejabat utama Polres Kupang serta para Bintara dan ASN Polres Kupang.