Merah Putih Adventure Polres Kupang, Bawa Harapan Baru bagi Masyarakat Kampung Mosu, Amfoang Barat Daya

Merah Putih Adventure Polres Kupang, Bawa Harapan Baru bagi  Masyarakat Kampung Mosu, Amfoang Barat Daya
Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K, M.H melepas peserta Merah Putih Adventure Polres Kupang 2022

tribratanewskupang.com --- Merah Putih Adventure Polres Kupang 2022 yang di gelar Polres Kupang bekerja sama dengan Kupang Adventure Team (KAT) Cabang Kupang dan Indonesian Offroad Federation (IOF) Cabang Kupang dengan tema Jelajah Amfoang berhasil membawa harapan baru pada masyarakat kampung Mosu Desa Nefone'ut Kecamatan Amfoang Barat Daya yang berada dipedalaman Kabupaten Kupang. Kegiatan ini digelar atas inisiasi Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K, M.H guna memperingati HUT RI ke-77  serta harapan Kapolres Irwan untuk bisa menjangkau masyakat pedalaman Kabupaten Kupang khususnya wilayah Amfoang yang merupakan salah satu daerah yang sulit dijangkau transportasi diwilayah hukum Polres Kupang.

Ketua KAT Cabang Kupang, dr. Ari Wijana dan Ketua IOF Cabang Kupang  Talen Daud sepakat menjalankan inisiasi AKBP Irwan, dengan melibatkan delapan tim Adventure asal Kota Kupang dan Kabupaten Kupang serta DAdventure perorangan dengan menjelajahi wilayah Fatuleu Barat, Amfoang Barat Daya hingga Amfoang Selatan. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari libur Sabtu (20/8/2022) hingga Minggu (21/8/2022) diikuti Tim OREO, KAT, Kutu Lumpur, JFC, Bhayangkara 4x4, JS Team dan Ana Oesao dengan jumlah kendaraan sebanyak 45 (empat puluh lima) unit.

Ada daya tarik tersendiri dari adventure ini, selain menguji adrenalin menapaki tanjakan terjal berliku dan mengarungi lekukan sungai yang panjang berlumpur para peserta disuguhi panorama yang indah sepanjang rute mulai dari alam persawahan Nunkurus, Pariti, Barate, jembatan Termanu hingga Manubelon. Setelah rehat untuk makan siang petualangan dilanjutkan dengan mengarungi lekukan Sungai Naitae menuju Desa Nefone'ut Kecamatan Amfoang Barat Laut. Selepas mengarungi Medan sungai Naitae, dilanjutkan dengan menantang medan tanjakan berbatu lepas sepanjang 20 km menuju Lelogama, ibu kota Kecamatan Amfoang Selatan.

Arena yang ditaklukan  dimalam hari ini berakhir pukul 23.00 Wita untuk dilanjutkan dengan kemah bersama di Bukit Sampta Lelogama Kecamatan Amfoang Selatan.

Rasa lelah akibat aktivitas memacu kendaraannya para peserta diobati dengan suguhan makan malam bersama oleh Kapolsek Amfoang Selatan IPTU I Made Kumara dan seluruh personil Polsek Amfoang selatan.

Dipagi hari pun disaat bangun pagi para peserta disuguhi cahaya matahari pagi disertai semilir angin nan sejuk sembari menikmati sarapan pagi, para peserta balik ke menuju kota Kupang dengan penuh kompak.

Ada yang unik dalam momen perjalanan para adventurer ini, pasalnya saat memasuki kampung Mosu Desa Nefone'ut Kapolres Kupang selaku inisator dan dr Ari Wijana selaku ketua KAT Cabang Kupang rehat sejenak di Puskesmas Mosu menyerahkan satu unit Genset Yamaha dan sembako kepada Puskesmas Mosu untuk dibagi kepada masyarakat setempat.

Pemberian cuma-cuma ini diterima langsung Bidan Triyanti Safe, A.Md.Keb dan Kepala Desa Nefoneut Yemri Ambenu.

Saat menyerahkan genset dan sembako secara simbolis Kapolres Kupang AKBP Irwan menyampaikan kepeduliannya akan kondisi masyarakat Desa Nefoneut yang hidup ditengah kegelapan malam karena hingga saat ini belum teraliri jaringan listrik negara.

"Puji Tuhan kami bisa sampai disini, hanya sedikit yang kami berikan untuk bisa membantu masyarakat disini," terangnya seraya menyerahkan satu unit genset dan sembako  bersama-sama dengan dr. Ari Wijana.

Menerima pemberian tersebut bidan Tri menerimanya dengan penuh haru disertai tepuk tangan warga Desa Nefone'ut yang sudah setia menunggu semenjak siang hari.

"Trimaksih bapa Kapolres Kupang dan bapa dr. Ari semoga Tuhan membalas semua kebaikannya," harapnya.Dalam perjalan yang penuh kenangan ini, mobil Kapolres Kupang  mengalami kerusakan namun berkat kerjasama tim semua kendala dalam perjalanan bisa diatas dengan baik. #Ss