Polres Kupang Siap Gelar Operasi Lilin Turangga 2023

Polres Kupang Siap Gelar Operasi Lilin Turangga 2023

tribtatanewskupang.com,--Dalam rangka menjamin kelancaran dan keamanan liburan dan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polri akan menggelar Operasi Lilin 2023.

Operasi khusus ini dilaksanakan secara serentak, selama 12 hari, dimulai pada Jumat, 22 Desember 2023, hingga Selasa, 2 Januari 2024.

Rencana pelaksanaan operasi ini tertuang dalam telegram Kapolda NTT nomor : STR/XII/OPS.1.1/2023, tanggal 30 November 2023 tentang Direktif Pelaksanaan Operasi Lilin Turangga 2023.

Sebagai awal pelaksanaan operasi dengan sandi Operasi Lilin Turangga 2023, Polres Kupang dibawah pimpinan Kapolres Kupang menggelar rapat koordinasi dengan para stakeholder yang terdiri dari TNI, Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang, Badan SAR, Jasa Raharja dan Polisi Pamong Praja serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang. 

Dalam amanatnya Kapolres Agung mengharapkan dukungan stakeholder agar pelaksanaan operasi ini berjalan aman dan lancar. 
" Pada kesempatan ini saya memohon dukungan para stakeholder untuk bersama-sama dengan kami menjalankan Operasi ini agar berjalan aman dan lancar," harapnya.

Lebih lanjut Kapolres Agung memaparkan bahwa Polres Kupang akan membentuk tiga pos tambahan yang terdiri dari Pos Pelayanan Bolok, Pos Pengamanan Oesao dan Pos  Terpadu di Terminal Noelbaki.

Ketiga Pos ini akan ditempatkan personil gabungan  TNI/Polri, Dishub dan Dinas Kesehatan serta Pol PP guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain penempatan personil pada pos-pos tersebut diatas, Polres Kupang juga akan menempatkan personil pada setiap Gereja yang akan menjalankan ibadah Natal dan Tahun Baru 2023-2024.

Usai menggelar rapat koordinasi, kegiatan dilanjutkan dengan menggelar latihan pra operasi dengan tema, 'Melalui Latihan Pra Operasi kita Tingkatkan Kemampuan dan Profesionalisme POlri dalam Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Guna Memelihara Keamanan Dalam Negeri'.

Hingga berita ini diturunkan kegiatan latpraops masih berlangsung di Lobi Lapangan Tembak Setefanus Pekuwali Polres Kupang yang dihadiri Kapolres Kupang, waka Polres Kupang Kompol Yulianus Lau, Kabagops Polres Kupang AKP Made Kumara serta seluruh pejabat utama Polres Kupang dan anggota Polres Kupang yang terlbat dalam operasi Lilin Turangga 2023.