Orpit Jembatan Termanu Akhirnya Jebol, Akses ke Amfoang Lumpuh Total

Orpit Jembatan Termanu Akhirnya Jebol,  Akses ke Amfoang  Lumpuh Total

tribratanewskupang.com, ---Orpit Jembatan Termanu yang terletak di Rt.12,  Rw. 06, Dusun III Desa Manubelon, Kecamatan  Amfoang Barat Daya, Kabupaten Kupang,Provinsi Nusa Tenggara Timur, jebol setelah dihantam derasnya arus sungai  Termanu hari Jumat (3/3/2023) pagi.

Bertambahnya volume air sungai akibat intensitas hujan yang tinggi menyebabkan sebagian air sungai meluber hingga kedua sisi jembatan bahkan meluap hingga pemukiman dan perkebunan warga.

Kapolres Kupang AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K, M.H membenarkan adanya peristiwa ini dan menurutnya luapan banjir dibeberapa sungai di Kabupaten Kupang termasuk Sungai Termanu disebabkan oleh tingginya instensitas hujan beberapa hari terakhir.

" Ya kejadiannya tadi pagi, setelah beberapa hari terakhir hingga tadi malam wilayah Kabupaten Kupang diguyur hujan lebat, " terangnya.

Masih menurutnya, jebolnya orpit jembatan Termanu menyebabkan lumpuhnya akses trans Amfoang. 

" Orpit jembatannya jebol, dan tidak bisa lagi dilalui semua jenis kendaraan, " tambahnya.

Jembatan terbesar di wilayah Amfoang Barat Daya ini, acapkali diterjang banjir setiap kali musim penghujan tiba. Hal ini menyebabkan akses warga yang keluar maupun masuk ke empat kecamatan (Amfoang Utara, Amfoang Barat Laut, Amfoang Timur serta sebagian Amfoang Barat Daya), lumpuh total karena tidak ada satupun jalur alternatif yang bisa dilalui. 

Kapolsek Amfoang Selatan Iptu Johni Sogeng yang saat ini masih berada dilokasi banjir  menghimbau setiap warga yang melintas untuk mengurungkan  niatnya menyebrangi sungai karena arus air masih deras dan untuk warga disekitar bantaran kali termanu dihimbau untuk mengungsi ke tempat yang aman sebelum volume air merada.